» , » Istilah Web dalam bidang Teknologi Internet

Istilah Web dalam bidang Teknologi Internet

Web jaringan internetMasih teringat ketika saya lagi nongkrong di warung kopi ada seorang teman bertanya, "WEB" itu apa ? saya jawab se-enaknya saja "Web" itu ya Internet. Temanku bertanya lagi "Internet itu Apa ?" Jawabanku -- Internet itu kalau tidak salah singkatan dari International Network - Jaringan Internasional. Sambil manggut-manggut (manggutnya karena faham atau ngeledek saya tidak tahu) teman saya nanya lagi "Trus isinya internet itu apa saja ?" Ya banyaklah, mulai dari urusan sumur, dapur hingga kasur ada semua, pokoknya komplit -- Sambil ngupil saya jawab seperti itu. Rupanya teman saya terus mengejar dengan pertanyaan lain yang makin kritis. "Oww gitu, terus untuk apa anak-anak sekolah disuruh oleh gurunya mencari di internet ? apa yang mau dicari dan apa yang akan mereka dapatkan di internet ? urusan sumur, dapur atau masak sih anak-anak ikutan mencari konten kasur ? buat apa lagi beli buku-buku pelajaran di sekolah yang harganya relatif dengan perkembangan harga kebutuhan pokok ? dan kalau mereka bisa belajar di internet tanpa terbelenggu oleh ruang dan waktu, terus untuk apa lagi anak-anak belajar di sekolah dengan berangkat pagi pulang sore ?. Karena saya bingung bagaimana cara menjelaskannya maka saya jawab "Au Ah.. bodo amat". Sambil ketawa teman saya tadi berkata "Hu Uh .. amat bodo". 

WEB sebuah suku kata yang paling banyak mendominasi teknologi internet. Sejak saya mengenal internet (hanya kenal dan belum begitu akrab) bahkan hingga sekarang, saya kira istilah Web itu adalah sebuah singkatan dari beberapa kata seperti World Wide Web yang disingkat menjadi WWW. Tetapi setelah dengan sabar merayapi situs demi situs di internet, membaca dokumen-dokumen yang relevan dengan kata WEB, oh.. ternyata pendapat saya tentang WEB itu keliru.Web bukan sebuah kata singkatan melainkan suku kata yang bisa menjadi kata benda, kata kerja dan bisa juga sebuah sinonim.

Arti kata Web

Satu kata yaitu "Web" telah banyak membuat sampah semakin bertumpuk di Internet. Demikian juga halnya dengan weblog ini yang ikut menuliskan kata "Web" dengan mengambil referensi dari berbagai situs di internet.

Web - Bila diartikan sebagai kata benda, mengandung arti sebuah jaringan benang halus yang dibangun oleh laba-laba raksasa dari cairan yang dikeluarkan oleh pemintal, digunakan untuk menangkap mangsanya. Bila diartikan sebagai kata kerja, Web adalah suatu jaringan transportasi yang rumit dari satu tempat ke tempat lain".

Jadi, penjelasan secara singkat tentang Web kurang lebih adalah sebuah jaringan transportasi global yang bisa digunakan untuk bertukar dokumen informasi yang bisa diakses oleh semua orang didunia. Dokumen informasi tersebut bisa berupa tulisan, gambar, video, audio yang bisa dibaca, ditulis dan diunduh oleh siapapun yang tentunya dengan aturan / protokol tertentu. Tempat atau situs yang menyediakan dokumen informasi tersebut dikenal dengan istilah Situs Web atau Web-site.


spider web crawl

Jaringan Internasional (Internet) digambarkan seperti sebuah jaring laba-laba (spider) yang lebar dan merupakan jalur transportasi informasi global (dunia).


Referensi: Answer-Web, Wikipedia-Web

0 komentar :

Post a Comment